Pages

7 Apr 2013

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Anda

Hampir semua aspek kesehatan menilai bahwa lemak merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam memunculkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Bahkan, hampir semua gangguan kesehatan yang dialami oleh manusia disebabkan oleh terjadinya penimbunan lemak yang berlebih dalam tubuh manusia. Hal itulah yang dapat memicu munculnya penyakit: lain yang mengganggu. Seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat kandungan lemak berlebih akan mudah mengalami masalah-masalah seperti kegemukan.

Tidak hanya kegemukan yang ia dapatkan, tetapi dapat juga menyebabkan seseorang menjadi lebih cepat mengalami kelelahan dan sesak napas. Keberadaan lemak yang berlebihan di dalam tubuh akan menjadi lahan untuk bersemainya beberapa virus penyakit. Virus biasanya akan menjadikan lemak sebagai tempat mereka bersarang sebelum akhirnya menyerang pertahanan tubuh dengan pola yang cukup beragam dan tentunya dengan akibat-akibat penyakit yang juga berbeda.Salah satu cara alami untuk mengatasi lemak tubuh adalah konsumsi jeruk nipis.Jeruk nipis biasa dipakai oleh ibu-ibu sebagai pelengkap bumbu masakan. Tidak hanya aromanya yang dapat menggugah selera makan, tetapi jeruk nipis juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan laut. Airnya juga dapat dijadikan sebagai penikmat minuman yang menyegarkan. Sejak dahulu, para ahli yoga (yogi) sering menggunakan jeruk nipis sebagai bahan-bahan konsumsi mereka. Bahkan, karena begitu terkenalnya khasiat yang terkandung dalam jeruk nipis, orang-orang dahulu telah menjadikannya sebagai obat tradisional. Hal ini tertulis dalam kitab-kitab pengobatan India kuno yang kemudian dikenal dengan ayurveda.



Dalam kepercayaan masyarakat India kuno disebutkan bahwa, jika seseorang ingin memiliki suasana hati yang tenang, pikiran yang jernih serta hati yang selalu gembira, disarankan agar menjadikan jeruk nipis sebagai makanan pertama yang harus disantap terutama di pagi hari. Menurut kepercayaan mereka, jika seseorang mengonsumsi jeruk nipis di pagi hari, baik sebagai makanan maupun minuman, ia akan merasakan kegembiraan selama hari itu. 

Kepercayaan itu dibuktikan oleh kebiasaan masyarakat kuno India dalam mengonsumsi air putih hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis sebagai minuman mereka di pagi hari. Jeruk nipis memiliki kandungan zat kimia yang disebut dengan zat limonin. Zat ini membantu menghambat sel-sel dalam hati manusia untuk memproduksi senyawa apo B. Senyawa apo B merupakan senyawa yang terkait dengan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Jika hati memproduksi senyawa ini lebih dari batas yang diperlukan maka seseorang akan mengalami kelebihan kolesterol yang dapat menyebabkan terjadinya stroke dan semacamnya. Dengan mengonsumsi jeruk nipis, hati akan memproduksi senyawa itu dengan kadar yang tidak berlebihan sehingga kadar kolesterol tetap dalam keadaan stabil. 

Segelas air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis juga mampu menstimulasi saluran pencernaan dan gerakan peristaltik dalam usus sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan dalam tubuh. Setelah minuman air hangat yang sudah dicampur perasan jeruk nipis, dalam waktu yang lama masalah buang air besar pun menjadi lancar. Racun-racun di saluran pencernaan terbuang dengan mudah. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Hal ini sangat membantu kita menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa jeruk nipis tidak hanya menyehatkan dan menurunkan kadar lemak yang berlebihan di dalam tubuh, tetapi jeruk nipis juga bisa mengurangi kelebihan garam saat mengolah makanan. Kita tahu bahwa kelebihan garam, apalagi garam yang tidak mengandung cukup yodium, sangat tidak baik bagi kinerja ginjal. Karena itu, jeruk nipis mampu menetralkan kandungan garam dalam makanan sehingga kadarnya tidak terlalu berlebihan dan ginjal pun tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar